Sunday 15 May 2011 By: Rindi Callysta

Kehendak-Mu (Pengalaman ku)

UKM 
apa itu?????? aku tak pernah mendengar nama itu. 
Malaysia ???????? bermimpi pun aku gak pernah untuk datang ke sana apalagi kuliah disana dan 
Sains Nuklear???????? mendengar namanya saja takut apalagi mempelajari nya. 
Tapi semua itu terjadi, aku kuliah di UKM (Univ Kebangsaan Malaysia tepatnya di Bangi, Selangor dengan jurusan Sains Nuklear.

July 2008

Serasa gak percaya, aku bergerak melangkah menjauhi negara tercintaku Indonesia. Sedih rasanya namun aku yakinkan diri bahwa ini adalah kehendak ALLAH dan pasti ada makna tersendiri didalamnya. Kini sampailah aku di negara yang sangat asing bagiku bersama dengan 14 teman yang baru ku kenal. Mereka berasal dari berbagai daerah di Riau seperti Pekanbaru, Bangkinang, Bengkalis, Pelalawan, Tembilahan (entah dimana adanya tembilahan pun aku gak tau hehehe ) dan aku sendiri berasal dari Bagan Batu, Rokan Hilir. 

Dan disinilah dimulainya perjalanan hidupku dalam menuntut ilmu di negara orang (Malaysia). Rasa takut menyelimuti hatiku disaat ku mulai menaiki bus berangkat ke kelas pertamaku, begitu sampai ku mulai percepat langkah menuju kelas karena takut terlambat. Dengan sedikit kelelahan akhirnya aku sampai di DK1SN. Yah disinilah kelasku, kelas pertama ku dan subjek pada hari itu adalah Asas Sains Nuklear. Aku langkahkan kaki memasuki ruangan,  ternyata sudah ramai orang didalam nya dan mereka sudah mempunyai teman masing-masing (karena waktu itu kami sudah terlambat 1 bulan datang ke UKM). 

Tertuju mataku pada satu tempat duduk kosong tak jauh dari tempat ku berdiri dan tanpa membuang waktu aku pun duduk disana. Ada seorang wanita disebelahku, wanita berjilbab dan aku pun mencoba untuk ramah padanya. Ku beranikan diri bertanya siapa namanya dan alangkah terkejutnya aku saat itu karena dia menjawab “ sorry, I don’t understand what do you say?? “ . Serasa mau lepas jantung ini mendengar jawaban dari nya karena tak pernah terbayang bagiku akan bicara dengan orang yang tak mengerti bahasa Indonesia ataupun melayu. Ku mencoba mengeluarkan kemampuan bahasa inggris yang ku pelajari sewaktu SMA, walaupun aku gak terlalu suka pelajaran itu, yah setidaknya aku tau sedikit. Ku mulai bertanya siapa namanya dan dari mana dia berasal, ternyata namanya adalah Saleha dan dia berasal dari Arab tepatnya di Qatar.  

Ternyata wanita disebelah Saleha memperhatikan kami dari tadi dan aku pun mulai berkenalan dengannya, namanya Siti Katrina dan panggilannya Kat. Hanya sebentar kami berkenalan karena tiba2 semua pelajar diam ketika seorang lelaki berkacamata, keturunan cina masuk kedalam kelas , yah dia adalah lecture kami Dr khoo (begitu mereka memanggilnya). Dr Khoo pun mulai mengajar dan sekali lagi aku terkejut saat dia membuka slidenya dan mulai mengajar, bahasa inggris ??? oh tidak pikirku. Dengan meraba-raba akhirnya aku mengerti sedikit tentang pelajaran hari ini dan diakhir kelas ada masalah lagi karena aku datangnya lambat 1 bulan jadi aku harus melapor kepada lecture, aq takut karena tadi dia menggunakan bahasa inggris . HUH,,,,Aku beranikan diri meminta pertolongan dengan kat untuk membantuku menjelaskan pada Dr. Khoo, dia pun membantuku sehingga Dr Khoo mengerti dan menerima dengan baik kedatangan ku di Sains Nuklear. 

Alhamdulillah ucapku karena sejauh ini berjalan dengan baik, aku pun berkenalan dengan 2 anak Indonesia yang sama jurusan dengan ku yaitu Tia (dari Dumai) dan Iwan (dari Aceh). Senangnya tau kalau aku punya teman 1 jurusan yang sama-sama orang Indonesia tapi itu semua hanya sebentar karena 1 minggu setelah aku bergabung di Sains Nuklear, Tia mengatakan padaku bahwa dia pindah jurusan ke Sains Marine. Sedih karena harapanku untuk belajar bersama dengan Tia musnah sudah. Tinggal lah Aku dan Iwan yang beratahan disana. Hari demi hari berlalu, akhirnya aku mendapat banyak teman yang bisa aku ajak untuk belajar bersama. Dan aku mulai bisa mngikuti cara belajar disini.

(bersambung........)

0 comments: